RSS

‘Walking Dead’

07 Apr

Situs ini sudah lama mati suri. Sekitar sebulan lalu saat saya masih menderita akibat setan bernama Tugas Akhir, prokrastinasi mendorong saya untuk membuka kembali situs ini. Ketika membaca tulisan-tulisan lama, saya merasa takjub.

“Ini beneran gue yang nulis?”

Frekuensi menulis saya mulai menurun di tingkat tiga. Berkat kemabukan studio yang mengisap semua energi, saya jadi malas mikir di waktu luang. Kebetulan kemampuan menggambar saya mulai ‘membaik’ berkat dorongan dan bantuan teman-teman yang hebat. Saya jadi lebih sering menggambar. Saya juga menemukan hobi baru yang cukup menyita waktu: main boardgame, khususnya Arkham Horror yang satu sesi saja bisa menghabiskan waktu sampai tiga jam. Akibatnya saya hanya menulis seperlunya untuk menyelesaikan proyek-proyek yang terlanjur saya ikuti.

Di tingkat empat, waktu luang seharusnya lebih banyak, tapi entah kenapa semuanya hilang begitu saja. Ada tekanan untuk mulai mengerjakan TA yang berujung pada pelarian dari kenyataan. Saya mencoba mengingat-ingat apa saja yang saya lakukan pada masa itu.

Blank.

Saya jadi sadar bahwa ada sesuatu yang hilang. Kepingan-kepingan memori, pengalaman, perasaan… Saya tidak punya catatan yang menyimpan segala macam pergolakan yang saya lewati. Saya makin tersadar ketika melihat status-status lama dari fitur memori facebook yang makin lama makin sepi. Ketika saya tidak menulis, saya mencatat pengalaman saya melalui cetusan-cetusan singkat di media sosial. Media sosial jugalah yang menyerap banyak waktu yang hilang. Lama-kelamaan saya merasa agak ‘berdosa’ melaporkan setiap hal-hal kecil di dinding publik. No one wants to be bothered every little detail of your life. 

Tanpa sadar saya kehilangan banyak hal. Kenangan dan pikiran selama kurang lebih dua tahun hilang begitu saja.

Saat saya menyadari hal itu, muncul dorongan kuat untuk kembali menulis.

…Tapi menulis tentang apa?

Saya pun menyadari kengerian nomor dua. Saya kehilangan ‘kemampuan’ untuk berpendapat. Terlalu banyak informasi berlalu di depan mata. Saya masih punya cukup rasa ingin tahu untuk mengecek informasi-informasi itu, tapi semuanya hanya sekedar numpang lewat. Saking banyaknya rentetan informasi, saya tidak cukup meluangkan waktu untuk mencerna dan membentuk opini. Ketika orang-orang ramai membicarakan sesuatu, saya diam. Kadang karena merasa tidak perlu mengatakan apapun, tapi lebih sering karena saya kehilangan kata-kata.

Saya merasa mati. Kemampuan otak saya untuk berpikir seolah mundur ke level anak TK.

Saya coba mengali ingatan saya selama dua tahun itu. Ada banyak hal yang terjadi. Ada banyak emosi. Saya bertemu banyak game, film, dan buku hebat yang berpengaruh besar dalam hidup saya. Ada juga rupa-rupa excitement yang menarik untuk dikenang dan dijadikan cerita. Dalam rentang dua tahun itu pula saya bersentuhan dengan bentuk cinta yang paling murni yang menjadi pegangan hidup saya hingga detik ini.

Ada begitu banyak momen yang terlepas, menguap, lenyap. Padahal seharusnya saya mampu memberi mereka bentuk yang dapat bertahan melintas zaman.

Saya tahu saya harus segera mulai mengumpulkan momen-momen itu, juga mengabadikan momen-momen yang akan tercipta di masa mendatang, tapi saya tidak punya kebebasan waktu.

Sekarang saya sudah ‘bebas’. Setidaknya bebas dari tugas akhir. Saya ingin hidup kembali. Saya tidak ingin merasa mati. Karena itu saya harus kembali menulis. Ke depannya blog ini akan dipenuhi dengan segala macam rant, mungkin tentang hal-hal yang baru, mungkin pula tentang yang telah lewat dan terlalu sayang untuk dibiarkan begitu saja. Semoga antiwacana.

 

 

 

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 7, 2016 in random

 

Tinggalkan Balasan

 
